Perbedaan itu Indahkah?

Bulan Ramadhan datang kembali, kali ini adalah bulan Ramadhan tahun ke - 2 yang mudah-mudahan akan berlalu dengan lancar. Dan kali ini penetapan 1 Ramadhan lagi-lagi berubah menurut perhitungan Hilal dan Hisyabnya, sedangkan aku lebih memilih mengikuti perhitungan hisyab yang dilakukan banyak oleh warga Muhammadiyah. 

Kenapa banyak perbedaan pendapat yang muncul? Mungkin karena banyak kepala, banyak pemikiran dan berjuta-juta individu yang ada di Indonesia ini. Wajar saja, suami istri aja yang sudah hidup bertahun-tahun sering sekali berbeda pendapat dan komitmen kembali menyatukannya. Dan Indonesia khususnya warga muslim yang paling banyak di Indonesia juga pastinya berbeda tentang perhitungan dimulainya Ramadhan, karena paham mereka begitu banyak namun dipersatukan oleh toleransi. 

Tidak ada yang salah kok dengan perbedaan.
Yang salah adalah ketika perbedaan ini muncul, ada beberapa individu yang berusaha membuat perbedaan ini tidak pantas dan buruk. Namun, karena lebih banyak individu yang merasa harus bertoleransi maka perbedaan itu berhasil kita lewati.

Saya pribadi menganggap perbedaan itu sulit, terkadang dalam hati kecil berfikir apa susahnya sih menyamakan fikiran dan pendapat? Kadang sedih kalau orang di sekeliling kita tidak turut dengan apa yang kita inginkan, bahkan ketika keluarga terdekatmu sendiri berbeda menjalankan puasanya karena berfikir pendapatnya lebih baik daripada pendapat orang lain.

Dan Tuhan itu tidak salah, dia tidak pernah menciptakan perbedaan hanya manusia dan ego di dalam dirinya lah yang menciptakan perbedaan itu. 

Subuh, di Ramadhan ke-2 versi Muhammadiyah dan Ramadhan ke-1 versi Pemerintah
Bukankah ini indah?


2 komentar:

Tifarie Luesas mengatakan...

hai datang lagi! aku juga ikutin yang Muhammadiyah sih karena ikut keluarga dan ya aku percaya orangtuaku tahu yang terbaik.
Suka bingung kenapa masalah perbedaan kayak gini sering banget diributin deh. Kenapa ga ambil sisi positifnya aja. Padahal perbedaan itu kan indah. Perbedaan puasa ini juga bukan sesuatu yang salah sebenarnya. Dunia memang aneh haha.

Anggie Hasibuan mengatakan...

Halo Tifarie makasih udah singgah :) iyah aye sedih liat perbedaan gini tp tetep positif aja sih kitanya :D

Diberdayakan oleh Blogger.