9 Cara Hemat BBM

(Sumber: Majalah Chic)

  • Memanaskan mobil

    Banyak diantara kita yang suka melakukan aktivitas lain. Misal sambil sarapan, aau baca koran. Tanpa Sadar, kita telah melakukan pemborosan BBM. Selain boros hal ini juga menyebabkan penumpukan kerak di dalam silinder. Mobil masa kini dirancang untuk memenuhi kebutuhan orang modern yang butuh kepraktisan, sehingga mobil bisa segera digunakan begitu mesin di start. Anda bisa memanaskan mobil sesaat sebelum berangkat. Maksimal 3 menitan saja.
  • Bahan bakar sesuai kebutuhan
    Gunakan bahan bakar sesuai spesifikasi yang disarankan untuk mobil anda. Pasalnya setiap mesin memiliki kebutuhan spesifik untuk menghasilkan pembakaran sempurna. Jangan menggunakan bahan bakar dengan spesifikasi rendah untuk lebih berhemat karena harganya murah. Analoginya seperti makanan, bila kandungan gizi kurang dari kebutuhan tubuh menjadi lemas dan tidak well perform.
  • Tune Up teratur
    Lakukan servis secara teratur agar kondisi mesin selalu sehat. Mesin yang sehat akan menghasilkan pembakaran sempurna, sehingga konsumsi bahan bakar pun efisien. Penelitian menunjukkan, kondisi mesin tidak sehat bisa menyebabkan pemborosan BBM antara 10-20%. Dengan menjaga kondisi mesin tetap sehat, anda juga berarti peduli pada lingkungan.

  • Periksa Tekanan Angin
    Biasakan untuk memeriksakan kondisi ban sebelum bepergian. Perhatikan apakah ban tidak kempes. Seminggu sekali, periksa tekanan angin. Anda bisa memanfaatkan pengisian angin gratis yang terdapat di SPBU. Berkendara dengan tekanan angin ban yang kurang akan membuat konsumsi BBM lebih boros.
  • Rencanakan perjalanan
    Sebelum bepergian, rencanakan rute yang akan dilalui. Pilihlah jarak terpendek atau rute yang relatif lebih bersahabat. Kondisi jalan yang macet akan memaksa anda melakukan stop ang Go, Sedikit-sedikit berhenti. Alhasil pemborosanpun terjadi
  • Jangan ngebut
    Berkendaralah dengan kecepatan stabil. Hindari gaya nyetir yang ugal-ugalan atau menekan gas pol-polan. Semakin sering anda ngebut, makin terjadi pemborosan BBM.
  • Jaga jarak Aman
    Atur jarak aman mengemudi sehingga anda tak perlu melakukan pengereman yang tidak perlu. Selain hemat BBM, anda juga berhemat kempas rem dan berkendara pun jadi lebih aman. Sangat disarankan untuk memanfaatkan pengereman mesin (engine brake). Dan ini hanya mungkin dilakukan bila anda mengemudi dalam kecepatan konstan.
  • Manfaatkan Top Gear
    Bila melaju di jalan tol yang cukup lowong, gunakan gigi tertinggiagar putaran mesin tetap rendah. Sehingga pemakaian BBM lebih efisien.
  • Matikan Mesin
    Kita biasanya senang membiarkan mesin hidup ketika menunggu. Misalnya ketika menunggu teman yang perlu mampir untuk mengambil uang di ATM. Apalagi menunggu seseorang di basement dalam keadaan mesin menyala, selain dapat memboroskan bahan bakanr bisa juga membuta orang lain merana dan lapisan ozon menipis gara-gara keluarnya emisi gas karbondioksida dari knalpot.

9 Cara Hemat BBM 9 Cara Hemat BBM Reviewed by Anggie Hasibuan on Januari 05, 2009 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.